Friday, June 22, 2012

kenapa apple dikasih nama apple


Banyak yang ga tau kan kenapa almarhum Steve Jobs ngasih nama perusahaannya Apple? penasaran kan?. Ini ga ada kaitannya sama buah apel. Jobs minjem nama itu dari label perusahaan rekaman milik band legendaris dunia Beatles yang emang namanya "Apple". Waktu itu ada kesepakatan antara Beatles sama Steve Jobs, nama itu boleh dipake asal Jobs ga pernah menjamah bisnis musik.
Tapi, Jobs akhirnya ngelanggar itu waktu dia nyiptain produk terlaris dunia iPod dan toko musik dunia maya iTune. Gara gara dianggap ngelanggar, Jobs sempet dituntut secara hukum gara gara legalitas penggunaan nama "Apple" itu.
Tapi, kasus itu akhirnya berhasil diselesaikan dengan baik dan brand Apple tetep jadi yang terlaris di dunia saat ini.

Kalo logo sih asalnya perusahaan Steve Jobs pake logo bergambar Isaac Newton yang lagi duduk di bawah pohon apel. Logo yang didesain Ronald Wayne ini dibuat tahun 1976.



Tapi Jobs ngerasa mereka butuh logo yang sederhana dan mereka milih buah apel yang menjadi logo sekarang tanpa digigit loh asalnya. Tapi karena ngerasa bentuknya seperti buah jeruk, maka diputuskan apel digigit adalah logo mereka. Gosip gosip sih katanya gigitan apel itu terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidup dengan memakan apel yang mengandung sianida.





jadi sampe sekarang itu deh logo apple nya. Ini revolusi logonya nih...


No comments:

Post a Comment